Well, not really lifesaver, but almost! Soalnya kehamilanku udah masuk bulan ke-5 dan jadinya laperrrrrrrr terus. Padahal kan, capek kalo makan nasi terus-terusan. Aku perlu makanan yang sehat, mengenyangkan tapi gak berat, dan bisa cepet disiapin kapan aja-tengah malam sekalipun! Alhamdulillah keingetan sama resep sup satu ini, dari orang india sahabatku. Moga2 bermanfaat buat ibu hamil lainnya:

Dhal (Sup Kacang Hijau)

1/4 kg kacang hijau kupas
air 2 gelas atau lebih (tergantung sukanya sup encer atau kental)
1 sendok teh bubuk kunyit
1 sendok teh bubuk ketumbar
1/2 sdt bubuk cabe
1 siung bawang putih, cincang
mentega/minyak zaitun
garam

Cara memasak:
– Kacang hijau direbus sampai mendidih. Kecilkan api, masak terus sampai kacang hancur (bantu dengan ditekan-tekan pakai sendok sup pengaduk)
– bawang putih ditumis dalam mentega/minyak zaitun, masukkan
– masukkan bumbu-bumbu lain

Siap deh! Sajikan panas-panas.

Catatan: bumbu2 di atas bisa divariasi, misalnya ditambahin jinten bubuk, bubuk kari, atau bawang bombay yang ditumis bareng bawang putih. Sesuai selera aja.. bumbu2 di atas min. requirement aja kok.

1 resep ini jadinya banyak, jadi aku simpan di freezer, dan kapan aja aku lapar bisa tinggal manasin sup ini. Sup ini sehat, kaya protein dan serat, serta mengenyangkan (kira2 150 kalori/saji) tapi gak berat, gampang serta cepat dibuat, dan.. murah! A truly lifesaver for me!

teh manis